Analisis pengaruh kualitas produk, harga, dan lokasi terhadap keputusan pembelian bunga potong di Pasar Bunga Rawa Belong Jakarta

Main Author: Annisa Steviane
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Sains dan Teknologi
Subjects:
Daftar Isi:
  • Menurunnya penjualan bunga potong di pasar bunga Rawa Belong Jakarta dari tahun ke tahun mengindikasikan penurunan intensitas pembelian oleh konsumen yang secara otomatis juga menyebabkan turunnya profitabilitas pedagang bunga potong di pasar bunga Rawa Belong Jakarta. Untuk memperoleh profitabilitas yang tinggi, perlu adanya upaya untuk meningkatkan keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen karena keputusan pembelian adalah kunci profitabilitas. Dalam penelitian ini peneliti akan melihat karakteristik konsumen, tipe perilaku pembelian, serta menggunakan kualitas produk, harga, dan lokasi sebagai variabel independen yang akan diteliti bagaimana pengaruhnya terhadap keputusan pembelian Responden ditentukan dengan menggunakan metode proportionate stratifed random sampling. Jumlah sampel adalah 89 orang yang diambil dari populasi konsumen di hari ramai pasar bunga Rawa Belong. Deskriptif tabulasi silang digunakan untuk mengetahui karakteristik dan tipe perilaku pembelian konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian bunga potong. Regresi linear berganda digunakan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, harga, dan lokasi terhadap keputusan pembelian konsumen dan untuk mengetahui faktor yang paling mempengaruhi konsumen dalam keputusan pembelian bunga potong. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) karakteristik konsumen bunga potong sebagian besar berdomisili di Jakarta dengan tingkat pendidikan rata-rata sarjana dan berusia produktif 21-40 tahun, didominasi oleh pria. (2) Tipe perilaku pembelian bunga potong di pasar bunga Rawa Belong rutin atau biasa. (3) secara simultan variabel independen keputusan pembelian yang terdiri dari kualitas produk, harga, dan lokasi berpengaruh positif dan nyata terhadap variabel keputusan pembelian dengan hubungan keeratan (R2) = 0,536 dan secara parsial, kualitas produk dan harga menjadi variabel yang paling berpengaruh nyata terhadap keputusan pembelian, sedangkan lokasi tidak berpengaruh nyata terhadap keputusan pembelian.