Pengaruh tipe kepribadian dan konformitas terhadap keputusan membeli sepatu wedges pada wanita di daerah Jakarta Selatan
Main Author: | Rizki Setyowati Putri |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Psikologi
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui signifikansi pengaruh tipe kepribadian dan konformitas terhadap keputusan membeli sepatu wedges pada wanita di daerah Jakarta Selatan. Hipotesis dalam penelitian ini adalah variabel tipe kepribadian yaitu dimensi extraversion, agreeableness, conscientiousness, neuroticism dan openness to experiences serta variabel konformitas yaitu normative social influence dan informational social influence mempengaruhi keputusan membeli sepatu wedges pada wanita di daerah Jakarta Selatan. Populasi pada penelitian ini bersifat infinite sehingga besaran populasi tidak dapat diperkirakan sedangkan sampel berjumlah 333 orang wanita yang diambil dengan teknik non probability sampling yaitu accidental sampling. Untuk mengukur kepribadian, peneliti memodifikasi alat ukur yang dibuat oleh Jhon et.al (2008) yaitu Big five Inventory (BFI), sedangkan untuk mengukur konformitas, peneliti menggunakan skala berdasarkan aspek-aspek yang dikemukakan oleh Myers. CFA (Confirmatory Factor Analysis) digunakan untuk menguji validitas alat ukur dan Regression Logistic Analysis digunakan untuk menguji hipotesis penelitian. Semua teknik pengujian dilakukan menggunakan software SPSS 16.0 dan LISREL 8.70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model tipe kepribadian dan konformitas yang mempengaruhi keputusan membeli sepatu wedges pada wanita di daerah Jakarta Selatan fit dengan data (P>0.05) (Chi-Square=6.386, df=8, Pvalue= 0.604) dan memberikan kontribusi sebesar 3,1 % dari bervariasinya keputusan membeli sepatu wedges pada wanita di daerah Jakarta Selatan dalam satuan logit. Namun, dilihat dari tabel koefisien regresi, dari tujuh variabel independen tidak ada yang berpengaruh signifikan terhadap logit keputusan membeli sepatu wedges pada wanita di daerah Jakarta Selatan (P-value < 0.05). Pada penelitian ini disarankan agar mempertimbangkan variabel lain yang terkait dengan keputusan membeli sepatu wedges seperti dukungan sosial, harga diri, gaya hidup, dan faktor situasional. Peneliti juga menyarankan agar menggunakan usia untuk melihat pengaruhnya terhadap keputusan membeli sepatu wedges pada wanita di daerah Jakarta Selatan