Peningkatan keterampilan bertanya siswa dalam pembelajaran PKN dengan menggunakan media gambar di MI al-Hidayah Kembangan Jakarta Barat
Main Author: | HULLIAH |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Daftar Isi:
- Keterampilan siswa MI AlHidayah dalam bertanya, khususnya berdasar pengalaman pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan masih rendah. Pengetahuan yang sering disampaikan secara abstrak menyulitkan siswa untuk memahami materi pelajaran.Untuk mengatasi hal. tersebut perlu dicarikan media yang tepat untuk menyampaikan materi pelajaran dengan lebih konkrit sehingga dapat meningkatkan keterampilan siswa untuk bertanya dan menyampaikan pendapatnya salah satunya dengan menggunakan media gambar. Penelitian ini berdasarkan permasalahan: Apakah pembelajaran pendidikan kewarganegaraan dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan keterampilan bertanya siswa kelas IV MI Al Hidayah Kembangan Selatan? Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Ingin mengetahui apakah media gambar meningkatkan keterampilan siswa dalam bertanya. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Al Hidayah Kembangan Selatan tahun pelajaran 2011/2012. Data yang diperoleh berupa hasil test dan lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah sebanyak 85% siswa mengalami ketuntasan belajar berdasarkan kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan yaitu minimal nilai 60. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I siswa mengalami ketuntasan belajar sebanyak (80%), siklus II (100%)