Pengaruh model pembelajaran creative problem solving (CPS) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa

Main Author: Neneng Kurniawati
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Gunung Putri. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian Control Group Posttest Only. Subyek penelitian ini adalah 64 siswa yang terdiri dari 32 siswa untuk kelas eksperimen dan 32 siswa untuk kelas kontrol yang diperoleh dengan teknik cluster random sampling. Data dikumpulkan dengan tes kemampuan kreatif matematis siswa. Hasil penelitian berdasarkan analisis data kedua kelas menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5% bahwa thitung > ttabel. hal. ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian, model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa