Model pembelajaran kooperatif Student Facilitator and Explaining (SFE) dengan Peta Konsep dalam Peningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa penelitian Kuasi Eksperimen di SMP Jayakarta
Main Author: | Faoziah |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilaksanakan di SMP Jayakarta tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk: (1). Mengkaji dan menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Student Facilitator and Explaining dengan Peta Konsep, (2). Mengkaji dan menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, (3). Membandingkan kemampuan komunikasi matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) dengan kemampuan komunikasi matematis siswa yang pembelajarannnya mengunakan model pembelajaran konvensional. Indikator kemampuan komunikasi yang diukur dalam penelitian ini yaitu: (a) Written text, (b). Drawing, (c). Mathematical Expression. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan rancangan peneliian two group randomized subject posttes only. Sampel penelitian ini berjumlah 80 siswa yang terdiri dari 40 siswa pada kelas eksperimen dan 40 siswa pada kelas kontrol yang diperoleh dengan teknik cluster random sampling. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh hasil thitung 2,19 dan t-tabel pada taraf sinifikansi ? ? 0,05 sebesar 1,99, maka t-hitung > t-tabel. hal. ini menunjukan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Student Facilitator and Explaining (SFE) dengan Peta Konsep lebih tinggi secara signifikan dari pada kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.