Penggunaan bahan ajar berbasis pendekatan induktif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa SMP pada Materi Fungsi
Main Author: | Dewi Kumala Akbar |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji (1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa melalui penggunaan bahan ajar berbasis pendekatan induktif (2) Mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar berbasis pendekatan induktif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Cenderawasih II tahun ajaran 2012/2013 pada bulan Oktober-November 2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematik, lembar observasi aktivitas pembelajaran matematika, jurnal harian dan wawancara. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penggunaan bahan ajar berbasis pendekatan induktif dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa. hal. ini terlihat dari hasil rata-rata kemampuan komunikasi matematik siswa pada siklus I sebesar 68,21 menjadi 77,27 pada siklus II. Selain itu, penggunaan bahan ajar berbasis pendekatan induktif dapat meningkatkan persentase respon positif siswa pada siklus I sebesar 79,50% menjadi 83,36% pada siklus II. Berdasarkan penelitian ini disimpulkan bahwa menggunakan bahan ajar berbasis pendekatan induktif dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa