Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa

Main Author: Santi Arum Puspita Lestari
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 2 Cilebar tahun ajaran 2012/2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasi eksperimental) dengan desain Randomized Posttest-Only Control Group. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 83 siswa dengan rincian 41 siswa sebagai sampel kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dan 42 siswa sebagai sampel kelas kontrol dengan menggunakan metode konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes soal kemampuan pemahaman konsep matematika yang diberikan pada siswa setelah perlakuan. Berdasarkan pengolahan data pada hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas eksperimen sebesar 66,87 sedangkan rata-rata kelas kontrol sebesar 59,6. Analisis data pada kedua kelompok sampel menggunakan uji-t yang memperoleh thitung sebesar 1,97 dan ttabel pada taraf signifikansi 0,05 sebesar 1,67, maka thitung > ttabel. hal. ini menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan metode konvensional. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa