Pengaruh model pembelajaran kooperatif teknik bertukar pasangan terhadap pemahaman konsep matematika siswa

Main Author: Nurseha
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik bertukar pasangan dan konvensional serta pengaruh model pembelajaran kooperatif teknik bertukar pasangan terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian posttest only control design. Penelitian ini dilakukan di MTs. Annajah tahun ajaran 2011/2012. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan cluster random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah tes essay yang sesuai dengan indikator pemahaman konsep pada materi bangun datar segi empat. Tes yang diberikan terdiri dari 12 soal bentuk uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pemahaman konsep matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif teknik bertukar pasangan adalah sebesar 64,591, sedangkan rata-rata pemahaman konsep matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional adalah sebesar 54,500. Berdasarkan perhitungan uji-t, diperoleh thitung = 3,165 dan ttabel sebesar 2,001 dengan taraf signifikansi (?) = 0,05 dan derajat kebebasan 59. Karena thitung > ttabel, maka rata-rata pemahaman konsep matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif teknik bertukar pasangan lebih tinggi daripada rata-rata pemahaman konsep matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian, terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif teknik bertukar pasangan terhadap pemahaman konsep matematika siswa