Pengaruh penggunaan media gambar kartun terhadap hasil belajar matematika siswa

Main Author: HARMOKO
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar kartun dalam pembelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SMP Waskita Madya Tangerang dari tanggal 13 Juli 2011 sampai dengan tanggal 1 Agustus 2011 pada siswa kelas tujuh. Sampel yang digunakan adalah 30 siswa kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa kelas VIIB sebagai kelompok kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan sebagai tes hasil belajar matematika adalah 14 butir soal berbentuk essay. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan uji � t untuk menguji hipotesis yang diajukan. Dari hasil perhitungan yang telah dilakukan ternyata diperoleh thitung sebesar 2,23 kemudian dikonsultasikan dengan taraf signifikansi sebesar 0,05 dan derajat kebebasan 58 diperoleh nilai ttabel sebesar 1,68. Karena thitung > ttabel (2,23 > 1,68) maka H0 ditolak, dengan demikian maka terdapat pengaruh media gambar kartun terhadap hasil belajar matematika siswa dalam materi pokok perbandingan kelas VII SMP Waskita Madya Tangerang.