Pengaruh pendekatan pembelajaran konstruktivisme menggunakan modul terhadap hasil belajar siswa pada materi hidrokarbon
Main Author: | Mislailatun Nimah |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran konstruktivisme terhadap hasil belajar siswa pada materi hidrokarbon kelas X di SMAN 1 Kota Tangerang Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Pemilihan data dengan teknik Purposive Random Sampling. Sumber data dari penelitian ini adalah siswa di SMAN 1 Kota Tangerang Selatan kelas X sebanyak dua kelas, dimana satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. data penelitian ini diambil melalui tes hasil belajar ranah kognitif dan teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif menggunakan uji-t untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Rata-rata nilai pretest kelompok eksperimen adalah 43,9 dan hasil pretest kelompok kontrol adalah 52,4. Sedangkan hasil rata-rata nilai posttest kelompok eksperimen adalah 80,91 sedangkan hasil nilai posttest kelompok kontrol adalah 72. Hasil uji-t menunjukkan bahwa ttabel < thitung (2,00 < 3,48) sehingga tolak H0 dan terima Ha sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara kelompok yang menggunakan pembelajaran konstruktivisme menggunakan modul dengan kelompok yang menggunakan pembejaran konvensional