Pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar kimia siswa pada konsep laju reaksi

Main Author: HASNI, Diyah Rauhillah
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) pada konsep Laju Reaksi. Penelitian ini dilakukan sejak bulan Agustus � Oktober 2010 di SMAN 1 Sukatani. Adapun objek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 4 dan XI IPA 5 masing-masing 32 siswa. Metode yang digunakan adalah quasi eksperiment. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar berupa tes uraian (subjektif). Hasil belajar siswa kelompok eksperimen lebih tinggi (rata-rata pretest = 22,25 dan rata-rata posttest = 61,25) dari pada kelompok kontrol (rata-rata pretest = 18,5 dan rata-rata posttest= 36,125) dan dari hasil perhitungan uji-t diperoleh nilai thit sebesar 5,8 dan ttab sebesar 1,38 atau thit > ttab. Maka dapat disimpulkan H1 menyatakan adanya perubahan yang signifikan terhadap hasil belajar kimia siswa pada konsep laju reaksi diterima atau disetujui. hal. ini menunjukan bahwa penggunaan model Problem Based Learning (PBL) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar kimia siswa pada konsep laju reaksi. Kata kunci : model Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar siswa, Laju Reaksi