Pengaruh penggunaan media gambar kartun terhadap hasil belajar ips pada siswa kelas VIII SMP Al-Amanah Setu, Tangerang Selatan

Main Author: Anjayudin
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar kartun dalam pembelajaran IPS terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SMP Al-Amanah Tangerang Selatan dari tanggal 04 November 2013 sampai dengan tanggal 04 Desember 2013 pada siswa kelas VIII, sampel yang digunakan adalah 30 siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan sebagai tes hasil belajar IPS adalah 20 butir soal berbentuk pilihan ganda, dan dilakukan juga observasi dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan uji-t untuk menguji hipotesis yang diajukan. Dari hasil perhitungan yang telah dilakukan ternyata diperoleh sebesar 3,65 kemudian dikonsultasikan dengan taraf signifikansi 0,05 dan derajat kebebasan 58 diperoleh nilai sebesar 1,67, karena maka H0 ditolak, dengan demikian maka terdapat pengaruh media gambar kartun terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas VIII SMP Al-Amanah Setu, Tangerang Selatan