Peningkatan hasil belajar melalui model pembelajaran terbalik (reciprocal teaching) pada mata pelajaran IPS
Main Author: | Seli Purnamasari |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-5 SMP Islam Parung Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII-5 pada mata pelajaran IPS melalui model pembelajaran Terbalik (Reciprocal Teaching). Instrumen yang digunakan berupa wawancara, Pretest dan Postest, lembar observasi guru dan siswa. Indikator keberhasilan penelitian ini dilihat dari ketuntasan belajar siswa yang mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 77. Dari hasil penelitian, pada siklus pertama ketuntasan belajar siswa yang dicapai yaitu sebanyak 71%, dan siklus kedua sebanyak 100 %, dimana peningkatan persentase hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II mencapai 29%. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dapat meningkat melalui model pembelajaran Terbalik (Reciprocal Teaching). Serta memiliki kelebihan Mengembangkan kreativitas siswa, Memupuk kerjasama antara siswa dan Menumbuhkan bakat siswa terutama dalam berbicara dan mengembangkan sikap