Penerapan metode pembelajaran enrichment model renzulli untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas X1 SMA An-Najah dalam mata Pelajaran Sosiologi pada pokok bahasan interaksi sosial
Main Author: | Rino Anggara |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Permasalahan utama yang dikaji dalam penelitian ini adalah mengenai hasil belajar Sosiologi kelas X.1 SMA An-Najah Rumpin, Bogor yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Enrichtment Model Renzulli. Tujuan dalam penelitian ini untuk untuk mengambarkan usaha yang dilakukan dalam membantu peningkatan hasil belajar siswa melalui enrichment model Renzulli.. Metode ini digunakan untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran Enrichment Model Renzulli untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X1 SMA An-Najah Rumpin Bogor, siswa yang diteliti terdiri dari 24 orang. Instrumen yang dipakai adalah lembar observasi, catatan lapangan, lembar wawancara, dan Tes (pre test dan post test). Data yang diperoleh dari instrumen penelitian dianalisis menggunakan analisis deskriptif dari setiap siklus dan dengan menggunakan N-Gain untuk melihat selisih antara pre test dengan post test pada setiap siklus, untuk melihat perbedaan hasil belajar pada setiap siklus. Temuan hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadinya peningkatan hasil belajar X.1 SMA An-Najah Rumpin, Bogor, ini terlihat dalam rangkaian siklus I dan II. Pada siklus I Nilai rata-rata untuk Pretest pada siklus II adalah 66,67 lebih meningkat dibandingkan Pre Test Siklus I yang hanya sebesar 58.95. Setelah dilakukan Post test pada akhir siklus data yang diperoleh adalah nilai ratarata hasil Post Test siklus II adalah 86.46 lebih meningkat dibandingkan Siklus I sebesar 69,79 dengan nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 70 .Siswa telah mencapai nilai KKM 75 dan hanya 1 orang siswa yang mendapatkan dibawah KKM. Atau dapat dikatakan keberhasilan mencapai 91%. Jika dihitung menggunakan rumusan N-Gain kemampuan siswa mengalami peningkatan sebesar 0.59 dari siklus I sebesar 0,25 atau masuk ke dalam kategori rendah. Hasil dari siklus II sudah mencapai 70% selanjutnya menjadi unsur terpenting dalam peningkatan hasil belajar Sosiologi kelas X.1 SMA An-Najah Rumpin, Bogor. Karena dengan penggunaan pembelajaran Enrichment Model Renzulli ini berusaha untuk membuat siswa dapat berfikir kritis dan kreatif dalam memecahkan masalah serta menambahkan wawasan kepada siswa yang lebih baik tentunya mendukung dalam tercapainya hasil belajar yang diharapkan