Penerapan metode SDS (Student Directed Strategies) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS: penelitian tindakan kelas di SMK Khazanah Kebajikan Pondok Cabe-Pamulang

Main Author: Rohmad Taufik Hidayanto
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengumpulkan informasi tentang peranan penggunaan metode SDS (Student Directed Strategies) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dan untuk mengumpulkan informasi tentang persepsi siswa terhadap penggunaan metode SDS (Student Directed Strategies) pada pembelajaran IPS kelas X Teknik Audio Video SMK Khazanah Kebajikan Pamulang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Kemudian istrumen yang digunakan adalah istrumen tes yang berupa pretes dan postes, serta instrumen nontes yang berupa angket lembar observasi, catatan lapangan, dan lembar wawancara. Hipotesis tindakannya adalah Penerapan Metode SDS (Student Directed Strategies) diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran pada konsep sosialisasi sebagai proses pembentukan kepribadian di SMK Khazanah Kebajikan Pamulang. Adapun indikator keberhasilannya yang dicapai KKM ? 75. Dari hasil penelitian memperlihatkan bahwa penggunaan metode pembelajaran SDS (Student Directed Strategies) efektif terhadap hasil belajar siswa yang diterapkan dalam pembelajaran IPS, hal. ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar IPS siswa dari siklus I ke siklus II. Nilai rata-rata N-gain siklus I adalah 0,57. Sedangkan siklus II rata-rata N-gainnya mencapai 0,66. Berdasarkan analisis angket respon siswa setelah belajar IPS dengan metode pembelajaran SDS (Student Directed Strategies) sebagian besar baik (71,14%). Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode SDS (Student Directed Strategies) efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS. Setelah belajar dengan menggunakan metode SDS (Student Directed Strategies) siswa menjadi lebih aktif, lebih berani tampil di depan, dan menyenangkan dalam proses pembelajaran