Hubungan penggunaan facebook terhadap kedisiplinan belajar siswa pada pembelajaran IPS di MTs al-Husna Lebak Bulus Jakarta Selatan

Main Author: Liza Umami
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara penggunaan facebook dengan kedisiplinan belajar IPS. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di MTs Al Husna Jakarta 31 Juli � 8 Agustus 2012. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling untuk pemilihan sampel. Adapun pengambilan sampel 30 siswa. Instrument penelitian yang diberikan berupa kuesioner untuk penggunaan facebook (X) dan kedisiplinan belajar IPS (Y). Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan korelasi product moment. Dari hasil perhitungan korelasi product moment diperoleh r = 0,455 dan uji signifikansi dengan uji-t sebesar 2,70 dan dikonsultasikan pada tabel ttabel 1,70 pada taraf signifikansi ? = 0,05. Karena thitung 2,70 > ttabel 1,70 maka koefisien korelasi signifikan. Dengan demikian terdapat hubungan antara penggunaan facebook terhadap kedisiplinan belajar IPS. Dengan demikian, dapat diambil kesimpulan bahwa semakin sering menggunakan facebook maka semakin rendah kedisiplinan belajar IPS siswa.