Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran koopertaif tipe permainan snowball throwing (bola salju) pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VII MTs Khazanah kebajikan (penelitian tindakan kelas)
Main Author: | YOGYA, Mutiara Sonicha |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Pembelajaran IPS Terpadu khususnya saat mata pelajaran Sejarah lebih mengembangkan kemampuan menghafal materi pelajaran. Siswa belum dibiasakan untuk mencoba melakukan pembelajaran dengan cara lain seperti kelompok atau grup dan diterapkan cara permainan yang menantang. Pembelajaran IPS Terpadu masih berpusat pada guru dan masih menggunakan metode konvensional. Dan dengan penerapan konvensional yaitu ceramah membuat siswa merasa bosan. Siswa hanya menjadi pelajar yang pasif sehingga tidak adanya kerjasama antara guru dan siswa dari hal. tersebut berpengaruh pada hasil belajar mereka sebagian besar rendah. Apakah penggrrnaan pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial? Sementara tujuannya adalah untuk mengetahui pelaksanaan pendekatan metode Snowball Throwing dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VII di MTs. Khazanah Kebajikan. Studi tentang penelitian tindakan kelas, hda empat kegiatan utama yang ada pada setiap siklus perencanium, tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Instrumen penelitian menggunakan tes, observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum menerapkan metode nilai para siswa rendah yntu 48,33%o dan setelah diterapkan metode Snowball Throwing meningkat hingga 80,71oA. Sebenarnya pada siklus satupun hasil prestasi siswa sudah baik, namun untuk lebih meyakinkan tentang keberhasilan siklus ini yaitu berlanjut diteruskan ke siklus dua, dan pada siklus duapun prestasi siswa tetap meningkat yaitu dari presentase sebelumnya yaitu 33,77yo meningkat hingga 80,89%0, apabila dilihat dari skor N-Gain meningkat dari 0,58 pada siklus 1 menjadi 0,69 pada siklus 2. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulan bahwa pelaksanaan Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VII MTs Khazanah Kebajikan.