Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Formulate-Share-Listen-Create (FSLC) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa (Penelitian tindakan kelas di SMK YMJ Ciputat Tangerang Selatan)
Main Author: | Ekamara Kinasih |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : (1) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Formulate-Share-Listen-Create (FSLC) dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa, (2) aktivitas belajar matematika siswa selama penerapan pembelajaran kooperatif dengan FSLC, (3) respon siswa selama penerapan pembelajaran dengan FSLC. Penelitian dilakukan di SMK YMJ Ciputat Tangerang Selatan tahun ajaran 2012/2013. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan pada dua siklus. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa, jurnal harian siswa, pedoman wawancara, tes kemampuan komunikasi matematik, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Formulate-Share-Listen-Create (FSLC) dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa. Pada siklus I, persentase siswa yang mencapai nilai ketuntasan sebesar 40,90 %, mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 86,36%. Aktivitas siswa dalam pembelajaran mengalami peningkatan, persentase rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah 64,12 % menjadi 82,57 % pada siklus II. Berdasarkan jurnal harian siswa, respon positif siswa juga mengalami peningkatan dari 62,61 % pada siklus I menjadi 86,36 % pada siklus II.