Pengaruh strategi pembelajaran think-talk write (TTW) tehadap hasil belajar fisika siswa kuasi eksperimen di sma negeri 3 rangkabitung

Main Author: MAESAROH
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) terhadap hasil belajar fisika siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Rangkasbitung tahun pelajaran 2009/2010. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sampling, siswa kelas XI IPA 2 sebagai kelompok eksperimen yang menggunakan strategi pembelajaran TTW, dan siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelompok kontrol yang tidak menggunakan strategi TTW (menggunakan pembelajaran konvensional/ demonstrasi). Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes berupa soal-soal pilihan ganda dan instrumen nontes berupa lembar observasi aktivitas siswa pada kelompok eksperimen. Data hasil pengujian instrumen tes dianalisis menggunakan analisis statistik berupa uji perbandingan skor posttest kedua kelompok yaitu dengan menggunakan uji-U, sedangkan data hasil instrumen nontes dianalisis menggunakan analisis deskriptif, yang bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa pada kelompok yang diberi perlakuan dengan strategi pembelajaran TTW (kelompok eksperimen). Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan uji-U pada taraf signifikansi 95% (? = 0,005), didapatkan Uhitung lebih besar dari Utabel yaitu 16,5 > 7, sehingga hipotesis nol (H0) diterima dan hipotesis alternatif (Ha) ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan penerapan strategi pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) terhadap hasil belajar fisika siswa, sedangkan hasil perhitungan instrumen non tes yang menggunakan analisis deskriptif diperoleh hasil observasi aktivitas siswa pada aspek TTW mencapai rata-rata 46,67% yang termasuk dalam kategori sedang.