Penerapan model pembelajarn clis (children learning in science) untuk meningkatkan hasil belajar fisika penelitian tindakan kelas di smp negeri 3 tangerang selatan
Main Author: | NURURROHMAN, Iccu |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penerapan Model Pembelajaran CLIS (Children Learning In Science) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika�, (Penelitian Tindakan Kelas di Sekolah Menengah Pertama 3,Ciputat), Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan IPA, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayallah Jakarta. Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk meningkatkan peningkatan siswa pada konsep getaran gelombang dengan menggunakan model pembelajaran CLIS (Children Learning In Science). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 8.3 Sekolah Menengah Pertama , Ciputat. Intervensi tindakan berupa pembelajaran IPA dengan model pembelajaran CLIS (Children Learning In Science). Data yang diambil berupa hasil belajar yang diperoleh dari tes hasil belajar dikumpulkan dengan menggunakan kualitatif, ditemukan: Pada siklus I rata-rata skor hasil belajar fisika siswa sebelum diterapkannya model pembelajaran CLIS sebesar 39,00 dengan nilai rata-rata sebesar 73,74 dan siswa yang lulus KKM sebanyak 79,4% dan nilai N-gain sebesar 0,56 yang termasuk kategori sedang. Pada siklus II rata-rata skor hasil belajar fisika siswa sebelum diterapkannya model pembelajaran CLIS sebesar 34,01 dengan nilai rata-rata sebesar 74,82 dan siswa yang lulus KKM sebanyak 100% dan nilai N-gain sebesar 0, 61 yang termasuk kategori sedang. Pada uji t antara siklus I dengan siklus II maka diperoleh t 1,335 t 1.979, karena nilai t < t jadi 1,335 < 1.979 disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara peningkatan hasil belajar pada siklus I dan siklus II.