Persepsi guru tentang KBK biologi hubungannya dengan pemahaman strategi pembelajaran biologi survei di MA Wilayah kota Tangerang

Main Author: Abdul Munqidz
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Pengambilan sample menggunakan teknik multi stage area cluster random sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 30 orang guru biologi yang tersebar pada 17 Madrasab Aliyah. Pengumpuian data menggunakan instrumen persepsi dan tes pemabaman yang telab diuji tingkat validitas dan reliabilitasnya (alpha=0.8868). Analisis data menggunakan teknik distribusi frekuensi, persentase, nilai rerata dan korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru laki-laki adalah 43.33% balk dan 16.67 tidak balk, sedangkan pemahaman strategi pembelajaran 53.33% balk dan 6.67% tidak balk. Tidak jauh berbeda dengan persepsi guru perempuan yakni 36.67% balk dan 3.33% tidak balk, sedangkan pemahamannya 36.67% baik dan 3.33% tidak balk. Nilai rerata persepsi adalab 37.70 dan nilai rerata pemahaman adalah 9.73. Angka korelasi Pearson sebesar 0.959 pada taraf significansi 0.05 yang menunjukkan bahwa korelasi antara kedua variabel sangat kuat