Pengaruh model pembelajaran koopertaif tipe investigasi kelompok terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada konsep sistem pencernaan manusia (kuasi eksperimen di MTS Nurul falaah Gunungsinder)
Main Author: | NURHASANAH |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada konsep sistem pencernaan manusia kelas VIII. Penelitian ini dilakukan di MTS Nurul Falaah Gunungsindur. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Eksperimen Semu, dengan teknik pengambilan sampel secara Random Sampling. Penelitian ini melibatkan 38 siswa pada kelas eksperimen dan 38 siswa pada kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi dan asesmen kinerja siswa. Berdasarkan pengujian dua sampel menggunakan uji-t didapat bahwa thitung > ttabel (9.28 > 2.00) pada taraf signifikasi 0.05, hal. ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada konsep sistem pencernaan manusia.