Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) terhadap hasil belajar fisika siswa pada konsep fluida dinamis

Main Author: FITRIAH
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap pemahaman siswa pada konsep fluida dinamis. Model penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan melibatkan 34 siswa kelas XI-5 sebagai kelas eksperimen dan 34 siswa kelas XI-7 sebagai kelas kontrol. Penelitian dilakukan di SMAN 3 Tangerang Selatan tahun pelajaran 2011. Instrumen yang digunakan berbentuk pilihan ganda yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan NHT berpengaruh terhadap pemahaman siswa pada konsep fluida dinamis. hal. ini terlihat dari hasil perhitungan uji hipotesis melalui uji-t pada taraf signifikansi 5% dan dk = 66, diperoleh nilai ttabel ? thitung yaitu 2 ? 2,37, maka pada penelitian ini dapat dinyatakan bahwa thitung ? ttabel, hal. ini menunjukkan bahwa hipotesis nol (H0) di tolak dan hipotesis penelitian (Ha) di terima.