Pengaruh model pembelajaran berdasarkan masalah (problem based learning) terhadap hasil belajar fisika siswa; kuasi eksperimen di SMP Negeri 2 Kota Tangerang Selatan
Main Author: | MUTOHAROH |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran berdasarkan masalah (Problem Based Learning) terhadap hasil belajar fisika siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Kota Tangerang Selatan pada tahun pelajaran 2010/2011. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik cluster random sampling, siswa kelas VII.10 sebagai kelompok eksperimen yang menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah, dan siswa kelas VII.8 sebagai kelompok kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah (menggunakan model pembelajaran konvensional). Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes untuk mengukur hasil belajar fisika siswa berupa soal-soal uraian. Data instrumen tes dianalisis menggunakan analisis statistik yaitu uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan uji-t pada taraf signifikansi (?) = 0,05, didapatkan thitung > ttabel yaitu 4,06 > 2,00, sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran berdasarkan masalah (Problem Based Learning) terhadap hasil belajar fisika siswa.