Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe stad terhadap penguasaan konsep siswa pada materi bunyi

Main Author: ASMAWATI R
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap penguasaan konsep siswa pada materi bunyi. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 13 Kota Tangerang Selatan pada bulan April sampai dengan Mei tahun 2011. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dan teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Sampling. Sampel dalam penelitian ini, siswa kelas VIII-4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-9 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa masing-masing 36 siswa. Kelas eksperimen diberi perlakuan berupa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pilihan ganda sebanyak 18 soal dengan empat alternatif pilihan jawaban. Berdasarkan uji statistik dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh thitung = 8,55 > ttabel = 1,99, dengan thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap penguasaan konsep siswa pada materi bunyi. Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe STAD, Konsep bunyi, Penguasaan konsep siswa