Upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 3 melalui metode pembelajaran kooperatif tipe TGT teams games tournament di MI Darul Muqinin Jakarta Barat

Main Author: Bahrudin
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar Matematika siswa kelas 3 yang masih tergolong rendah serta kegiatan pembelajaran yang masih berjalan monoton. Penelitian ini di laksanakan di M.I. Darul Muqinin Jakarta Barat dengan subyek penelitian para siswa/i kelas 3 dengan jumlah 20 orang. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui sampai sejauh mana peningkatan hasil belajar Matematika siswa kelas 3 di M.I. Darul Muqinin Jakarta Barat dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournaments). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan melalui empat kali pertemuan dalam 2 siklus. Pelaksanaan PTK ini juga dilakukan dalam empat tahapan, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sedangkan instrumen penelitian yang digunakan adalah: lembar observasi aktifitas siswa, lembar observasi aktifitas guru, lembar kerja untuk diskusi, lembar tugas untuk di rumah (PR), tes tertulis dalam bentuk lembar kerja siswa (LKS), dokumentasi serta catatan-catatan lain yang dapat mendukung pelaksanaan PTK tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 3 di M.I. Darul Muqinin. hal. ini dapat dibuktikan dengan adanya perbedaan hasil nilai belajar siswa, yaitu antara hasil tes siswa siklus I dengan hasil tes siswa siklus II. Yang mana pada hasil tes siswa siklus I hanya memperoleh nilai rata-rata sebesar 47,00 dengan prosentase ketuntasan belajar siswa 20% (sebanyak 4 orang siswa saja yang baru mencapai KKM 70), kemudian meningkat pada hasil tes siswa siklus II dengan nilai ratarata tes sebesar 76,50 dengan prosentase ketuntasan belajar siswa sebesar 85% (sebanyak 17 orang siswa dari 20 orang siswa yang sudah mencapai KKM 70).