Penggunaan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar memahami cerpen pada siswa kelas V MI Unwanul Huda Kalibata Selatan Tahun Ajaran 2012-2013
Main Author: | Mujirah |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berdasarkan permasalahan: Apakah penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V MI Unwanul Huda? Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mengungkapkan penggunaan media gambar terhadap peningkatan hasil belajar siswa dalam pelajaran bahasa Indonesia MI Unwanul Huda kelas V. 2. Mengetahui seberapa jauh hasil belajar siswa dalam mata pelajaran bahasa Indonesia setelah diterapkannya media gambar pada siswa MI Unwanul Huda kelas V. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Unwanul Huda. Data yang diperoleh berupa hasil pre test dan post test serta lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 50%, sedangkan nilai rata-rata N-Gain 2,49 (kategori tinggi) pada Siklus II lebih besar dari hasil rata-rata N-Gain Siklus I yaitu 0,57. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia