Upaya peningkatan hasil belajar IPS melalui penerapan metode Jigsaw pada siswa kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Al-Fauzin Kebayoran Lama Jakarta SelatanS
Main Author: | Iis Supriatin |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Selama ini proses pembelajaran masih menganut model konvensional, yaitu proses pembelajaran yang berpusat pada guru dan selama itu pula kemampuan siswa untuk aktif dan mandiri tidak tampak. Pembelajaran konvensional menganggap guru satu-satunya sumber belajar. Penelitian ini bertujuan : (1) mengungkapkan pendekatan pembelajaran Metode Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPS, (2) Mendeskripsikan proses peningkatan hasil belajar IPS pada siswa kelas VI di MI. Al-Fauzain Penelitian dilaksanakan di MI. Al-Fauzain Jakarta Selatan dalam bentuk PTK. Tahap penelitian berupa siklus yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi; pengukuran tes hasil belajar; dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran Metode Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran Metode Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPS. Ini terbukti Tingkat keberhasilan yang dicapai siswa pada siklus I meningkat dari tingkat keberhasilan pre tes menjadi 66% atau sebanyak 10 siswa dari 15 peserta tes yang dinyatakan lulus. Sedangkan yang gagal sebanyak 5 siswa atau sebesar 14%, kemudian pada siklus II meningkat lagi menjadi 100% atau seluruh siswa peserta tes yang dinyatakan tuntas. Begitu juga berdasarkan hasil tes kelompok menunjukkan semua kelompok memperoleh skor dalam rentang tuntas.