Meningkatkan hasil belajar IPS materi koperasi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing pada siswa Kelas IV MI As-Sholihin Cipondoh Kota Tangerang
Main Author: | Leni Habibah |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Rendahnya mutu pendidikan merupakan tanggung jawab semua pihak untuk mengatasinya mulai dari pihak keluarga, pemerintah dan pihak yang berhubungan langsung dalam proses pembelajaran. Salah satu cara untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Pembelajaran hendaknya memperhatikan kondisi individu anak karena merekalah yang akan belajar. Anak didik merupakan individu yang berbeda satu sama lain, memiliki keunikan masing-masing yang tidak sama antara satu dengan yang lain. Oleh karena itu pembelajaran hendaknya memperhatikan perbedaan tersebut sehingga proses pembelajaran benar-benar dapat merubah kondisi anak dari yang tidak tahu menjadi tahu, dari yang tidak paham menjadi paham, dan dari yang berperilaku kurang baik menjadi baik. Pendidikan di Indonesia diarahkan agar lebih maju, bertanggung jawab dan lebih bermutu, sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 Pasal 19 ayat ke-1 menyatakan �Proses Pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis�,1 Ini berarti proses pembelajaran dikelas harus memberikan ruang seluas-luasnya bagi peserta didik untuk berkreasi, dan seorang guru harus mampu menciptakan kondisi belajar mengajar sebagai suatu proses sedemikian rupa sehingga tujuan pembelajaran yang telah direncanakan dapat tercapai.