Pengaruh penerapan model pembelajaran Student Teams Achivement Division (STAD) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah Al Wasliyah Jakarta Timur

Main Author: Miftahul Janah
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar. Penelitian ini dilakukan di MI AL-Wasliyah Jakarta Timur pada bulan April 2013. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen, sampel diambil secara purposive sampling dari 60 siswa yang dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Desain penelitian dalam penelitian ini adalah non-equivalent control group design. Instrumen yang digunakan adalah instrumen hasil belajar. Hasil belajar siswa kelompok eksperimen (rata-rata = 83,33 dan simpang baku = 7,80) lebih tinggi daripada kelompok kontrol (rata-rata = 41,17 dan simpang baku = 11,79) dan setelah dilakukan uji �t� diperoleh nilai sebesar 10,22 sedangkan pada taraf signifikasi 0,05 sebesar 1,99 atau > . Maka dapat disimpulkan menolak . Dan yang menyatakan terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran STAD terhadap hasil pembelajaran IPA siswa diterima, hal. ini menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran STAD memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa.