Upaya meningkatkan hasil belajar IPA siswa melalui metode eksperimen: penelitian tindakan kelas di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Mukhlisin Pasar Minggu Jakarta Selatan
Main Author: | Mutiah |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode eksperimen. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Al-Mukhlisin dengan subjek sebanyak 18 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilakukan melalui empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan (observasi), dan refleksi tindakan. Keempat tahapan tersebut dilakukan pada setiap siklus yang berlangsung secara berulang dan dilakukan dengan langkah-langkah yang sama dan difokuskan pada pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen. Berdasarkan observasi awal penelitian, hanya 50% siswa yang mencapai nilai ketuntasan dalam pembelajaran IPA. Selama penerapan penelitian tindakan kelas (PTK) persentase tersebut meningkat menjadi 66,67% pada siklus pertama (I), dan akhirnya mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus ke dua (II) yaitu 83,33%. hal. ini menunjukan bahwa penerapan metode eksperimen dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA.