Penggunaan metode diskusi dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Pelajaran IPS di MI Bahrul Ulum Jakarta Barat

Main Author: Astuti Emilia
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran siswa dengan pemberian metode diskusi dibidang studi IPS. Hasil belajar yang diharapkan juga bisa memperbaiki kebiasaan belajar yang baik mulai dari persiapan belajar, melakukan latihan berulang-ulang, dan akhirnya mampu menerapkan apa yang mereka terima dari bangku sekolah ke kehidupan seharihari. Hasil yang diperoleh pada siklus I yaitu nilai paling rendah yang diperoleh siswa pada saat pretest adalah 40, sedangkan nilai tertinggi pada pretest adalah 70. Nilai terendah yang diperoleh siswa pada saat posttest sebesar 50, sedangkan nilai tertinggi pada saat posttest sebesar 80. Siswa yang mendapatkan nilai rendah sebanyak 18 orang, yang mendapatkan nilai sedang sebanyak 3 orang dan yang mendapatkan nilai tinggi sebanyak 2 orang. Dan pada siklus II diperoleh dalam penggunaan metode diskusi ditunjukkan adanya peningkatan yang terjadi pada siswa yaitu 2 siswa mendapat nilai hasil rendah atau 8,70%, yang mendapat nilai sedang sebanyak 13 siswa atau 56,52% dan yang mendapat nilai tinggi sebanyak 8 orang atau 34,78%, hal. ini ditinjau dari nilai N-gain. hal. tersebut menunjukkan adanya peningkatan, dengan demikian dapat dikatakan bahwa penggunaan metode diskusi sangat efektif untuk meningkatkan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Kesimpulan penelitian ini berarti bahwa dengan penerapan pembelajaran metode diskusi terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV MI Bahrul Ulum Jakarta Barat