Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (studi penelitian pada siswa kelas IV MI Ta�allamul Huda Curug, Gn. Sindur, Bogor)

Main Author: Romlih
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa pada pelajaran IPS meliputi: adanya hasrat dan keinginan untuk berhasil, adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar, adanya harapan dan cita-cita, adanya penghargaan dalam belajar, adanya kegiatan yang menarik dalam belajar, adanya lingkungan belajar yang kondusif. . Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yaitu penelitian yang berusaha mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi saat sekarang. Penelitian deskriptif memusatkan perhatian kepada masalah-masalah aktual sebagaimana adanya pada saat penelitian berlangsung. Berdasarkan uraian yang telah dikemukakan pada bab sebelumnya bahwa tingkat motivasi belajar IPS siswa kelas IV MIS Ta�allamul Huda Curug Gunung Sindur Bogor memiliki motivasi tinggi pada pembelajaran IPS, jika dilihat dari indikator motivasi belajar pada pernyataan yang bersifat positif sebagian besar siswa menjawab setuju dan sangat setuju dan pada pertanyaan yang bersifat negatif, sebagian besar siswa menjawab tidak setuju dan sangat tidak setuju