Peningkatan hasil belajar siswa melalui pendekatan kontekstual pada materi pokok gerak benda (penelitian tindakan kelas di kelas I MI Al-Hikmah Kemanggisan)

Main Author: Zakiyah
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi gerak benda dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) model kemmis dan MC Taggart yang terdiri dari empat tahapan, yaitu. perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di kelas I MI AL-Hikmah kemanggisan siswa yang terlibat berjumlah 20 siswa.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut dapat dilihat melalui siklus/pertemuan. Pada siklus I diperoleh hasil pretest sebesar 40,5, postest 58,5 dengan N-gain sebesar 0,28 sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan pretest 51,00 postest 78,00 dengan N-gain sebesar 0,56.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa