Peningkatan keterampilan membaca permulaan dengan media cerita bergambar dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas II Mis Al-falahiyah Bojonggede Bogor
Main Author: | Samsiah |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Ada empat keterampilan berbahasa yang harus di miliki dalam pengajaran Bahasa dan sastra Indonesia, keterampilan tersebut adalah menyimak, berbicara, dan menulis dan membaca. hal. tersebut di kuasai oleh siswa agar mempunyai keterampilan berbahasa dan berwawasan luas. Keterampilan membaca pada umumnya di peroleh dengan cara mempelajari di sekolah. Kegiatan membaca bukanlah suatu kegiatan yang sederhana. Kegiatan membaca bukan hanya kegiatan yang terlihat secara kasat mata, tetapi keterlibatan pembaca dalam mencari arti dari teks yang di baca mempengaruhi pula. Membaca dengan menggunakan Media Cerita Bergambar di anggap lebih memuaskan karena teknik ini dapat mendorong seseorang untuk lebih terampil dalam membaca permulaan dan kartu suku kata. Tujuan dari peneliti ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media cerita bergambar dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan dalam mata pelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas II Mis Al-falahiyah Bojonggede Bogor. Hasil penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan pad siswa kelas II Mi Al-falahiyah Bojonggede Bogor menunjukkan bahwa pada saat pretest hasil nilai rata-rata yang didapat siswa yaitu sebesar 57,48, dengan peningkatan 30,30 %. nilai ini lebih kecil dari KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 70. Setelah melakukan analisis dan refleksi, diketahui kekurangankekurangan yang muncul pada pratindakan (pretest). Dalam perencanaan siklus I lebih matang sehingga kekurangan yang muncul dalam pratindakan (pretest) tidak terulang pada siklus I. Hasil nilai rata-rata yang di peroleh pada siklus I yaitu 71,39 dan lebih besar dari KKM. Dalam tahap ini siswa mengalami peningkatan 66,7 %. Pelaksanaan siklus II berhasil melebihi KKM dengan hasil nilai rata-rata yaitu 80,45. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media cerita bergambar dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada pelajaran Bahasa Indonesia mengalami peningkatan yang cukup memuaskan sebesar 96,9 % dan siswa terampil dalam membaca dalam menggunakan media cerita bergambar