Peningkatan keaktifan dan hasil belajar IPS siswa melalui penerapan metode group investigation: Penelitian Tindakan Kelas pada siswa kelas IVB di SD Negeri Pisangan IV Legoso
Main Author: | Reni Fitriani |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan hasil belajar IPS siswa dengan menerapkan metode Group Investigation pada siswa kelas IVB di SD Negeri Pisangan IV Legoso. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVB yang berjumlah 30 siswa pada semester genap tahun ajaran 2012-2013. Instrument penelitian yang digunakan adalah instrument tes objektif pilihan ganda berupa pre test dan post test. Sedangkan instrument non tes berupa lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, lembar wawancara guru dan lembar wawancara siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Teknik analisis deskriptif kuantitatif digunakan untuk menyaring data hasil tes. Sedangkan teknik analisis deskriptif kualitatif digunakan untuk menyaring data hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatkan hasil belajar IPS siswa, pada ulangan akhir siklus I persentase ketercapaian KKM 83,3%, sedangkan pada ulangan akhir siklus II persentase ketercapaian KKM 93,3%. Berdasarkan nilai N-Gain, nilai rata-rata N-Gain siklus I adalah 0,56 dengan tingkat efektifitas sedang dan rata-rata N-Gain siklus II meningkat menjadi 0,74. dengan tingkat efektifitas tinggi terhadap tindakan. Kondisi tersebut didukung oleh aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran IPS, rata-rata aktivitas guru siklus I 91,2% dan siklus II 94,5%, selanjutnya aktivitas belajar siswa pada siklus I 88,8% dan pada siklus II 94,9% dengan kategori sangat baik. Dari hasil wawancara guru dan siswa yang dilaksanakan setiap akhir siklus juga mendapat respon positif dari keduanya. hal. ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan metode Group Investigation pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPS siswa