Upaya meningkatkan kemampuan membaca puisi dalam pelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan strategi pembelajaran kontekstual pada siswa kelas V MI Al-Jihad Depok Tahun Pelajaran 2012/2013

Main Author: Jaelani
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penggunaan strategi pembelajaran kontekstual perlu diterapkan oleh guru dalam proses belajar agar hasil belajar yang lebih baik. Belajar dengan strategi pembelajaran kontekstual akan mampu mengembangkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah-masalah serta mengambil keputusan secara objektif dan rasional. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca puisi dalam pelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan strategi pembelajaran kontekstual pada siswa kelas V MI Al-Jihad Depok. Untuk mengetahui hasil penerapan metode penelitian kontekstual untuk peningkatan hasil belajar siswa dalam membaca puisi, penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas dengan dua siklus belajar. Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data antara lain berupa pengamatan dan non tes. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, pada siklus pertama yang rata-rata kelasnya 71,3% siswa tampak masih kaku dengan strategi pembelajaran ini. hal. ini dimungkinkan karena siswa belum terbiasa karena kegiatan pembelajaran yang mereka terima sebelumnya dan siswa masih harus terus diarahkan agar mereka terbiasa dengan strategi ini. Sedangkan pada siklus kedua yang kisarannya mencapai 76,3% siswa sudah mampu beradaptasi dengan strategi pembelajaran metode kontekstual. hal. ini terlihat dari respon yang cukup baik serta kerja sama antar siswa yang berjalan sesuai dengan tahapan strategi pembelajaran ini. Setiap siswa pun tampak antusias mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode kontekstual ini. Kreatifitas dan sikap kritis terhadap setiap ide yang dipaparkan oleh temannya muncul. Pada siklus kedua ini di dominasi guru dalam proses pembelajaran berkurang. Guru hanya sesekali mengarahakan siswa agar kembali sesuai dengan pola pembelajaran metode kontekstual pada pembelajaran Bahasa Indonesia ini. Alhasil guru mampu meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa melalui proses pembelajaran yang menggunakan metode CTL