Pembelajaran IPA melalui metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar siswa: Peneliti Tindakan Kelas di Madrasah Ibtidaiyah Al Falah Tlajung
Main Author: | Napsiah |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian bertujuan untuk melihat peningkatan hasil belajar pada pelajaran IPA melalui metode eksperimen.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Peneliitian mencakup tahap tahap sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan tindakan, obeservasi dan evaluasi dan refleksi. Pelaksanaan penelitian terdiri dari dua siklus. Peneliitian dilakukan di kelas VI MI Al Falah Tlajung dengan jumlah 20 siswa. setelah melakukan kegiatan penelitian terjadi peningkatan hasil belajar IPA, melalui mtetode ekperimen. Pada pelaksanaan pre tes yang dilaksanakan pada awal pembelajaran diperoleh nilai rata-rata yaitu sebesar 71,5 dengan jumlah siswa yang mendapat nilai diatas KKM 60 sebanyak 16 orang dari 20 siswa atau persentase pencapaiannya 80%,. Setelah diberikan tindakan pada siklus I, maka pada rata-rata dari hasil post tes I menjadi 77,8 dengan jumlah siswa yang mendapat nilai diatas 60 sebanyak 18 orang siswa atau persentase mencapai 90 %. Pada siklus ke II, nilai rata-rata hasil post tes nya 82,8, dengan jumlah siswa yang mendapat nilai diatas 60, sebanyak 19 orang, hanya satu orang siswa yang mendapatkan nilai dibawah KKM, karena siswa tersebut dalam kondisi yang kurang sehat (sakit). Perolehan nilai setiap siswa menunjukkan hasil yang cukup baik. Dengan angka tersebut diatas menunjukkan bahwa siswa lebih mudah memahami konsep pembelajaran yang diajarkan, dengan menggunakan metode eksperimen siswa lebih bisa mengembangkan kemampuannya, sehingga nilai rata-rata yang diperoleh menunjukkan peningkatan