Upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep cahaya melalui metode eksperimen: Penelitian tindakan kelas di Madrasah Ibtidaiyah Darul Muttaqin Pasar Minggu Jakarta Selatan
Main Author: | Sri Mulyanih |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep cahaya melalui metode eksperimen. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Ibtidaiyyah Darul Muttaqin yang beralamat di jalan Jatipadang, kecamatan Pasar Minggu Jakarta Selatan dengan subyeknya adalah siswa kelas V. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK dilaksanakan sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan hasil belajar pada mata pelajaran IPA yang sangat rendah. Didapatkan data dari 35 siswa kelas V MI Darul Muttaqin hanya 57% yang mencapai KKM (65) atau hanya 20 dari 35 siswa. PTK ini dilakukan melalui empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan (observasi) dan refleksi tindakan. Keempat tahapan tersebut dilakukan pada setiap siklus yang berlangsung secara berulang dan dilakukan dengan langkah-langkah yang sama dan difokuskan pada pembelajaran yang menggunakan metode eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan pada saat proses pembelajaran berlangsung dengan mencatat hal.-hal penting yang terjadi, dapat disimpulkan bahwa pada mata pelajaran IPA khususnya materi cahaya pada siklus I terdapat 24 siswa atau 68,58% telah mengalami peningkatan hasil belajar (mencapai KKM). Pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 8,56%, yaitu 27 siswa atau 77,14% siswa telah mencapai KKM. Hasil belajar siswa pada postes siklus I memperoleh nilai rata-rata 69,57, sedangkan pada postes siklus II terjadi peningkatan hasil belajar rata-rata menjadi 75,85. Dari hasil itu sebagian besar siswa telah mencapai KKM sekolah yang telah ditentukan yaitu 65. Dengan demikian dari hasil analisa peneliti, bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode eksperime