Peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran PKn melalui penggunaan media audio visual di MI Mathla'ul Anwar Nagrog

Main Author: Jaenudin A.
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar pada mata pelajaran PKn di MI. Mathla�ul Anwar Nagrog melalui penggunaan media audio visual. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research), bertujuan untuk memecahkan masalahmasalah melalui penerapan langsung di kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen pengamatan atau observasi, catatan lapangan, dan pelaksanaan tes hasil belajar pada materi kebebasan berorganisasi di setiap akhir pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri dari satu pertemuan. Satu siklus itu terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan tindakan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Penelitian dilakukan di MI. Mathla�ul Anwar Nagrog, pada siswa kelas V (lima) yang berjumlah 30 siswa, Semester Genap Tahun Ajaran 2011/2012. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media audio visual Pada siklus I ketercapaian indikator rata-rata pembelajaran sebesar 66,00 dengan ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 76,67 dan persentase aktivitas guru sebesar 82,14% dan kegiatan siswa sebesar 73,33%. Pada siklus II ketercapaian indikator rata-rata pembelajaran sebesar 70,03 dengan ketuntasan belajar siswa mencapai 86,67 dan persentase aktivitas guru sebesar 94,63% dan kegiatan siswa sebesar 91,45%. Pembelajaran dengan menggunakan media audio visual ternyata dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn dalam pokok bahasan organisasi-organisasi di sekitar kita, khususnya siswa kelas V (lima) MIS. Mathla�ul Anwar Nagrog Ciampea Bogor.