Upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada materi perubahan kenampakan bumi dan benda langit melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Penelitian tindakan kelas di Madrasah Ibtidaiyah Salaopi Sukabumi)

Main Author: Asep Saepuloh
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi perubahan kenampakan bumi dan benda langit dengan Penerapan model pembelajaran kooperatif learning tipe STAD. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Salakopi Kabupaten Sukabumi tahun pelajaran 2011-2012 dengan jumlah 30 siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes akhir siklus (posttest), pengamatan terhadap aktivitas guru dan siswa di setiap pertemuan digunakan lembar observasi dan wawancara. Berdasarkan data yang diperoleh, skor persentase rata-rata tiap indikator hasil belajar siswa di setiap siklus mengalami peningkatan. Pada siklus I hasil pos tes siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 54,5, lalu pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 77,16. Pada siklus kedua ini penelitian dihentikan karena telah mencapai indikator keberhasilan penelitian yaitu peningkatan ratarata persentase tiap indikator hasil belajar siswa mencapai lebih dari 70. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam proses pembelajaran pada materi perubahan kenampakan bumi dan benda langit dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Salakopi Kecamatan Cicantayan Kabupaten Sukabumi.