Upaya meningkatkan hasil belajar IPA melalui strategi pembelajaran aktif crossword puzzle (penelitian tindakan kelas V SDN Tugu 2 Depok)

Main Author: Edah Jubaedah
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan strategi pembelajaran aktif Crossword Puzzle dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan aktivitas siswa terhadap pembelajaran IPA dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif Crossword Puzzle. Penelitian dilakukan di SDN Tugu 2 Depok pada tahun ajaran 2013/2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus melalui empat tahapan, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa, lembar wawancara, tes hasil belajar IPA dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan, bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif Crossword Puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA materi tumbuhan hijau yang ditandai dengan meningkatnya hasil belajar tiap siklusnya. Siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa mencapai 79,94 dengan persentase (70,58%) yang mencapai KKM dan meningkat pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa menjadi 84,5 dengan persentase (87,5%) siswa yang mecapai KKM. Selain itu penerapan strategi pembelajaran aktif Crossword Puzzle juga meningkatkan aktivitas belajar siswa terhadap pembelajaran IPA. hal. ini terlihat dari presentase aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 68,37% menjadi 83,75% pada siklus II