Upaya peningkatan hasil belajar ipa siswa kelas iii melalui penerapan model pembelajaran quantum teaching dengan tahapan belajar tandur ( penelitian tindakan kelas di MI Al � Wathoniyah 14 Jakarta Utara )

Main Author: Mariyatul Qibtiah
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Penelitian ini dilaksanakan di MI Al-Wathoniyah 14 Jakarta Utara pada bulan April-Mei 2013. Pembelajaran yang diterapkan adalah model pembelajaranquantum teaching dengan tahapan belajar TANDUR. Dengan subjek penelitian siswa kelas III yang terdiri dari 30 siswa. Metode penelitian ini digunakan dengan alur Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dan tiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pilihan ganda, wawancara dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dengan tahapan belajar TANDUR dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 57,50 menjadi 78,96 pada siklus II. Serta 86% siswa pada siklus II dan siklus I hanya 40% saja. Penelitian ini menyimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Quantum Teaching dengan tahapan belajara TANDUR hasil belajar IPA siswa meningkat