Penerapan metode diskusi untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada pokok bahasan bangun ruang sederhana

Main Author: Nuryadi
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada pokok bahasan bangun ruang sederhana dengan menerapkan metode diskusi. Dalam pembelajaran matematika peserta didik cenderung mengalami kesulitan untuk memahami materi atau suatu pokok bahasan, khususnya pada pemahaman pokok bahasan bangun ruang sederhana yang terjadi pada peserta didik kelas IV Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Husna Jakarta. Sebagai dampaknya pemahaman pokok bahasan matematika menjadi rendah, demikian juga dengan hasil belajarnya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Peserta didik yang menjadi objek penelitian adalah peserta didik kelas IV Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Husna Jakarta. Materi atau pokok bahasan yang dikaji adalah bangun ruang sederhana. Data dikumpulkan dengan menggunakan hasil pengamatan pelaksanaan pembelajaran baik pengamatan terhadap aktivitas guru maupun dari pengamatan aktivitas peserta didik dan juga dari hasil tes hasil belajar. Data yang terkumpul diolah dengan menggunakan tabulasi, persentase dan juga menggunakan distribusi frekuensi. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik pada pelajaran matematika untuk pokok bahasan bangun ruang sederhana dapat ditingkatkan dengan menerapkan metode diskusi. Alhasil nilai hasil belajar peserta didik dari siklus I hingga siklus II meningkat sebesar 10,44% dan ketuntasan belajar meningkat sebesar 70%, yaitu dapat mencapai nilai kriteria ketuntasan minimum yang telah ditetapkan sebesar 70,00