Pengaruh penggunaan media audio visual terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V MIN 6 Jagakarsa Jakarta Selatan

Main Author: Ade Kulsumawati
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap keterampilan menulis narasi siswa kelas V MIN 6 Jagakarsa Jakarta Selatan. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan desain penelitian Nonrandomized Pretest-Posttest Control Group Desain. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik puposive sampling. Sampel penelitian pertama kelompok eksperimen, yaitu kelompok siswa yang mendapat pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan media audio visual sebanyak 30 siswa. Kelompok kedua Kelompok kontrol, yaitu kelompok siswa yang mendapat pembelajaran Bahasa Indonesia tanpa menggunakan media audio visual sebanyak 30 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan pengujian hipotesis dengan menggunakan bantuan SPSS 16.0 telah didapat nilai probabilitas uji-t adalah 0,007. hal. tersebut menunjukkan bahwa nilai probabilitas lebih rendah dari taraf signifikansi 0,05 (0,007 < 0,05) maka ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual berpengaruh terhadap hasil keterampilan menulis karangan narasi siswa