Deskripsi penerapan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap pembelajaran PKn Pada Siswa Kelas V MI Al-Islamiyah Jakarta Selatan Tahun 2013

Main Author: Samsuri
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1) Mengetahui pembelajaran PKn di MI Al- Islamiyah. 2) Mengetahui implementasi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran PKn di MI Al-Islamiyah Tahun 2013. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (fiel research) dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, yang di maksudkan hanya dengan membuat deskripsi atau narasi dari suatu fenomena, tidak untuk mencari hubungan antara variabel, atau menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran PKn di MI Al-Islamiyah dinilai sudah cukup baik. Pembelajaran berjalan lebih dinamis dan aktif, karena sumber belajar yang digunakan guru tidak monoton dan siswa dituntut untuk lebih aktif dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa karena pembelajaran berjalan dengan lebih menyenangkan dan tanpa tekanan. Siswa dapat belajar dari pengalaman yang mereka temukan dalam dunia nyata, sehingga membentuk warga Negara yang baik, yakni warga negara yang sanggup melaksanakan hak dan kewajibannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, sesuai dengan UUD 1945. Dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran PKn tersebut, guru melakukan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Implementasi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran PKn di MI Al-Islamiyah berjalan dengan cukup baik. Pembelajaran berjalan lebih dinamis dan aktif, karena sumber belajar yang digunakan guru tidak monoton dan siswa dituntut untuk lebih aktif dalam pembelajaran, yang sesuai dengan komponen dan karakteristik serta hal.-hal lain yang terkait dalam pendekatan CTL. Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan suatu model pembelajaran yang bertujuan untuk membantu guru mengaitkan materi yang telah diperoleh oleh peserta didik ke dalam dunia nyata. Siswa dengan segala potensi yang dimiliki, memungkinkan untuk mengembangkannya sendiri, sehingga menjadi pengetahuan yang bermakna, baik sebagai individu, anggota keluarga maupun anggota masyarakat. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan tujukan untuk memberbaiki proses pembelajaran