Pengaruh penggunaan alat peraga terhadap hasil belajar operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat siswa kelas IV Sekolah Dasar Islam Darul Mu�minin Larangan
Main Author: | Herey Purwanto |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga mobil garis bilangan terhadap hasil belajar operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat siswa. Penelitian ini dilakukan di SD AL � Syukro Universal, Ciputat, Tangerang Selatan Tahun Ajaran 2012/2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan desain penelitian Posttest-Only Control Design. Subyek penelitian ini adalah 45 siswa yang terdiri dari 22 siswa untuk kelas eksperimen dan 23 siswa untuk kelas kontrol yang diperoleh dengan teknik simple random sampling pada kelas IV. Pengumpulan data setelah diberikan perlakuan diperoleh dari nilai tes kemampuan meneyelesaiakan soal matematika pada pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Tes yang diberikan terdiri dari 9 soal bentuk uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga mobil garis bilangan berpengaruh terhadap hasil belajar operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat siswa. Rata- rata hasil belajar operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat siswa yang diajarkan dengan menggunakan alat peraga mobil garis bilangan lebih tinggi dari rata- rata hasil belajar operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat siswa yang diajarkan dengan konvensional.