Pengaruh Teknik Mencatat Menggunakan Peta Pikiran (Mind Map) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SD Pada Aspek Elaborasi
Main Author: | Mailina Hidayati |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan peta pikiran (Mind Map) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematik siswa SD pada aspek elaborasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode quasi eksperimen dengan rancangan penelitian randomized control group desaign. Penelitian ini dilakukan di SDN Sukabumi Selatan 01 Jakarta Barat. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini tes yang mengukur kemampuan berpikir kreatif matematik siswa SD pada aspek elaborasi pada materi luas bangun datar segi banyak. Tes yang diberikan terdiri dari 5 soal bentuk uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematik siswa SD pada aspek elaborasi yang diajarkan dengan menggunakan peta pikiran (Mind Map) adalah sebesar 76,60, sedangkan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa SD pada aspek elaborasi yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional sebesar 47,40. Berdasarkan uji-t diperoleh thitung = 12,80 dan ttabel sebesar 2,01 dengan taraf signifikan (?) = 5% dan derajat kebebasan (db) = 48. Karena thitung > ttabel, maka rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematik siswa SD pada aspek elaborasi yang diajarkan dengan menggunakan peta pikiran (Mind Map), lebih tinggi dibandingkan dengan ratarata kemampuan berpikir kreatif matematik siswa SD pada aspek elaborasi yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan peta pikiran (Mind Map) berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif matematik siswa SD pada aspek elaborasi.