Pengaruh media video terhadap hasil belajar siswa SMA pada konsep gerak lurus: kuasi eksperimen di SMA Negeri 6 Tangerang Selatan

Main Author: Syifa Fauziah
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media video terhadap hasil belajar siswa pada konsep gerak lurus. Penelitian ini dilakukan pada kelas X MIA 1 dan X MIA 2 SMA Negeri 6 Tangerang Selatan yang melibatkan 72 siswa. Penelitian berlangsung pada bulan November 2014. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design dan teknik pengambilan sampel purpossive sampling. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa soal pilihan ganda dan instrumen nontes berupa angket. Data hasil intrumen tes dan nontes dianalisis secara kuantitatif, namun hasil data nontes dikonversi ke dalam bentuk kualitatif. Berdasarkan hasil uji hipotesis terhadap data posttest menunjukkan nilai thitung = 4,07 dan nilai ttabel = 2,00. Nilai thitung ??ttabel, sehingga H0 ditolak. Artinya terdapat pengaruh media video terhadap hasil belajar siswa pada konsep gerak lurus, dimana hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih unggul pada semua jenjang kongitif (C1-C4). Selain itu pembelajaran menggunakan media video ini memiliki daya dukung terhadap proses pembelajaran pada kategori baik, dengan persentase sebesar 80%.