Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar fisika siswa pada konsep usaha dan energi
Main Author: | Ria Pravitriana |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads togehter (NHT) terhadap hasil belajar fisika siswa pada konsep usaha dan energi. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri 19 Jakarta pada tahun pelajaran 2011/2012. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik cluster random sampling, siswa kelas VIII-3 sebagai kelompok eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, dan siswa kelas VIII-4 sebagai kelompok kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu instrumen tes untuk mengukur hasil belajar fisika siswa berupa soal-soal uraian. Data instrumen tes dianalisis menggunakan analisis statistik yaitu uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan uji-t pada taraf signifikansi (?) = 0,05, didapatkan thitung > ttabel yaitu 3,20 > 1,99, sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) terhadap hasil belajar fisika siswa pada konsep usaha dan energi